KKN UNDIP TIM II MENGADAKAN COMMUNITY DEVELOPMENT TENTANG EKSISTENSI PERAN PEMUDA DALAM PELESTARIAN BUDAYA DI ERA MODERN

 

Petarukan – Sabtu, 4 Agustus 2018 Tim II KKN UNDIP Desa Kendaldoyong telah menyelenggarakan kegiatan community development dan diskusi kebudayaan yang dipantik oleh mahasiswa jurusan Antropologi Universitas Diponegoro. Kegiatan community development ini dilakukan di Balai Desa Kendaldoyong, serta turut mengundang Komunitas Seni Teater Satu Kamar. Satu Kamar merupakan komunitas kesenian teater yang ada di Desa Kendaldoyong yang berdiri sejak 30 September 2004. Nama “Satu Kamar” sendiri memiliki filosofi bahwa ruang yang mereka sebut kamar merupakan tempat dimana mencurahkan apa saja, baik suka maupun duka apapun bahkan cikal bakal generasi dari kamar pula.

Kegiatan dimulai pada pukul 20.00 sampai dengan 22.30 WIB, adapun kegiatan yang dilakukan diawali dengan peningkatan wawasan masyarakat melalui sharing pengalaman mahasiswa KKN terkait bagaimana eksistensi peran pemuda di era modern seperti sekarang dalam menjaga budaya Indonesia sesuai bidang yang kita tekuni. Dengan sharing pengalaman yang telah dirasakan kepada orang lain maka materi dan informasi yang disampaikan dapat diterima dengan lebih baik. Pengalaman yang dibagikan seputar passion, pengalaman kerja, lika-liku perjuangan saat akan masuk perguruan tinggi negeri serta keaktifan dalam mengikuti berbagai kegiatan baik di tingkat procinsi, nasional maupun internasional. Kemudian acara ini dilanjutkan dengan diskusi tentang kebudayaan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran pemuda dalam pelestarian budaya, selain itu memberi motivasi dan semangat kepada generasi muda untuk terus optimis dan memiliki cita-cita setinggi mungkin, meskipun ada saatnya gagal tapi itu bukan halangan karena masih banyak jalan menuju Roma. Di sisi lain, kita sebagai agent of change harus terus berkontribusi demi kemajuan bangsa dan negara dengan menularkan kebaikan dimanapun kita berada.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*